Kamis, 09 September 2010

PROSEDUR PENGGUNAAN KOMPUTER

Diposkan oleh Dias smile di 05.48
PROSEDUR PENGGUNAAN KOMPUTER

PROSEDUR MENGAKTIFKAN KOMPUTER
Dengan perangkat komputer yang sudah terangkai dengan baik dan kabel power yang sudah terkoneksi dengan sumber tegangan listrik. lakukan langkah-langkah berikut :
a. Tekan tombol power pada stabilizer ( jika menggunakan stabilizer )
b. Kemudian tekan tombol Power di kotak CPU
c. Hidupkan monitor.
d. Tunggulah hingga sistem operasi aktif dan komputer siap untuk digunakan. dalam sistem operasi MS WINDOWS, komputer siap digunakan untuk menjalankan aplikasi jika sudah muncul tampilan desktop Windows.

MENJALANKAN APLIKASI
Setelah dekstop muncul,kita bisa mulai menjalankan aplikasi. aplikasi di komputer dapat dijalankan melalui Start menu ataupun dobel klik ikon shortcut ( pada dekstop ).Setelah sebuah aplikasi terbuka,kita bisa saja menjalankan aplikasi yang lain sehingga dalam waktu yang sama dimungkinkan menjalankan aplikasi sekaligus. Hal ini merupakan salah satu kelebihan lingkungan sisitem operasi MS Windows dibandingkan lingkungan sistem operasi DOS. Jika tidak terlalu perlu, sebaiknya kita tidak membuka banyak aplikasi secara bersamaan karena memori komputer akan terbagi. Akibatnya komputer kita mungkin akan terasa lambat kinerjanya.

MEMATIKAN KOMPUTER
Setelah selesai digunakan untuk menjalankan aplikasi, kita perlu mematikan komputer agar komputer tersebut "beristirahat". Proses mematikan komputer ini kadang disebut dengan istilah Shut Down. Langkah-langkah cara mematikan komputer :
1. Tutup semua program aplikasi yang masih aktif, jika belum tersimpan, simpanlah dokumen yang di perlukan terlebih dahulu.
2. Klik "Start" di ppjok kiri bawah atau bisa juga menekan tombol gambar logo windows pada keyboard anda.
3. Pilih Turn Off Computer.
4. Tunggu beberapa saat hingga komputer mati secara otomatis. pada sebagian komputer, ada yang belum dilengkapi fasilitas yang dapat mematikan komputer otomatis setelah proses shut down, maka untuk mematikannya perlu menekan tombol Power di CPU.
5. Matikan komputer kemudian matikan stabilizer ( jika menggunakan stabilizer )
6. Cabut kabel Power ( kabel listrik ke stop kontak )
Tambahan :
- Fungsi Restart adalah untuk booting ulang komputer anda tanpa mati terlebih dahulu, karena langsung menyala dan kembali menjalankan os.
- Fungsi Stand By adalah untuk mematikan sementara komputer tanpa mematikan hardisk.
-Fungsi Restart to dos adalahuntuk menjalankan command prompt dos secara independent tanpa campur tangan windows.
-Fungsi Hibernate adalah untuk mematikan komputer dengan setting program atau software tidak berubah. jadi program yang masih terbuka sebelum hibernasi akan tetap kembali di posisi masing-masing ketika dinyalakan kembali.

Jika kita mematikan komputer dengan sembarangan, misalnya setelah selesai menggunakan aplikasi, kita langsung mencabut kabel listik sehingga seketika mati, ada beberapa kerugian yang mungkin kita alami. kerugian tersebut diantaranya :
a. Kemungkinan ada file di komputer kita yang rusak.
b. Hardisk di komputer kita akan cepat rusak
c. kemungkinan software di komputer kita tak lagi berjalan normal.

Seringnya listirik mati pada saat kita menggunakan komputer, akibat yang sama seperti mematikan komputer tanpa mematuhi prosedur. Sangat disarankan penggunaan stabilizer yang mampu menyimpan listik dalam waktu tertentu sehingga jika listrik tiba-tiba mati, kita masih memiliki tegangan waktu unutk menyimpan dukomen aplikasi kita dan melakukan shut down komputer kita sesuai prosedur.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

DIAS SMILE Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei